Friday, February 21, 2014

Tidak Ada Dana Perpanjangan Landasan Bandara

0
Sebagai tuan rumah perayaan Hari Nusantara 2014 pada pertengahan Desember nanti, berbagai persiapan dilakukan pemerintah Kabupaten Kotabaru. Salah satunya mempercepat rencana perpanjangan landasan pacu Bandar Udara Gusti Syamsir Alam, agar bisa dilandasi pesawat berbadan besar untuk mengakomodir tamu dari berbagai penjuru nusantara, termasuk rombongan presiden. Namun rencana ini sendiri masih dihadang berbagai masalah, mulai lahan hingga anggaran.

Dalam APBN 2014, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan yang membawahi Bandara Gusti Syamsir Alam tidak menyediakan anggaran untuk perpanjangan landasan. Kepala Bandara Gusti Syamsir Alam, Hariyanto, mengatakan bahwa pihaknya baru menerima kabar soal akan digelarnya Hari Nusantara di Kotabaru setelah anggaran diketok. Saat ini masalah pendanaan masih dikonsultasikan. Namun kemungkinan besar perpanjangan landasan sulit direalisasikan. 

Selain ketiadaan anggaran, juga karena masih banyak masalah di lapangan, seperti lahan dan jalan alternatif. Landasan pacu bandara saat ini sudah mepet jalan raya, sementara perpanjangan ke arah laut dihadang lahan milik Inhutani dan akses jalan  penduduk Stagen Laut. Belum lagi konstruksi bandara yang dulunya hanya dipersiapkan untuk penerbangan perintis, sehingga agar mampu menampung pesawat berbadan besar perlu waktu.

"Kemungkinan besar yang bisa kita lakukan hanya penambahan ketebalan landasan. Tahun 2013 tadi sudah 5 cm, rencana ditambah 7,5 cm," ungkap Haryanto.

Selain itu, pihaknya juga tengah melobi maskapai untuk menambah frekuensi penerbangan. Terlepas dari perhelatan Hari Nusantara, pengelola bandara memang sudah merencanakan perpanjangan landasan pacu dari saat ini 1650 meter hingga 2200 meter. Tapi realisasinya juga tergantung kesiapan pemerintah daerah. Sudah dua tahun ini masalah lahan dan jalan alternatif terkatung-katung karena pemerintah kabupaten dan DPRD kotabaru belum mencapai titik temu.

"Dewan bukan tidak mendukung, kita malah setuju bandara untuk dikembangkan. Hanya saja sudah layak atau belum untuk dikembangkan? Bagaimana kajiannya? Itu yang kami minta," sergah Ketua DPRD Kotabaru Alpidri Supian Noor.
 
Meskipun nantinya perpanjangan landasan pacu seperti diinginkan bupati kotabaru tidak terealisasi, menurutnya tidak akan mengganggu pelaksanaan hari nusantara. Peningkatan penumpang bisa diantisipasi dengan penambahan flight serta bekerja sama dengan bandara milik kabupaten tanah bumbu.###

No Response to "Tidak Ada Dana Perpanjangan Landasan Bandara"