Saturday, February 22, 2014

Goa Batu Tunggal Tak Terawat

0


Selain kaya di perut buminya, potensi alam di permukaan Kabupaten Kotabaru juga tidak kalah berharga. Namun baru segelintir yang terangkat, masih banyak yang dibiarkan terpendam. Seperti Goa Batu Tunggal di Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir. Ada jejak sejarah yang tersimpan di goa ini. Sayangnya kondisi goa saat ini tak terawat.

Kondisi goa yang juga disebut masyarakat setempat dengan nama lain goa lawar ini dindingnya penuh coretan tangan-tangan nakal. Juga kerap dijadikan sebagian orang untuk tempat melakukan hal-hal negatif, mengingat belum ada pihak yang mengelola. Dulunya tak ada yang berani menerobos masuk goa ini. Selain dianggap angker, konon pada masa mempertahankan kemerdekaan, goa ini dijadikan tempat persembunyian gerombolan pemberontak pendukung DI/TII yang hendak mendirikan Negara Islam Indonesia. 

Kini Goa Batu Tunggal tengah diusulkan masyarakat setempat kepada pemerintah daerah untuk dijadikan objek wisata. Selain untuk mengangkat perekonomian masyarakat, juga supaya kondisi goa terpelihara. Sementara ini masyarakat tak bisa berbuat banyak mencegah tangan-tangan jahil yang ingin merusak keindahan goa batu tunggal.

Belum seluruh seluk beluk Goa Batu Tunggal tergali. Baru dua lantai saja yang bisa diakses, sementara masih ada lagi tingkatan-tingkatan di dalam goa yang perlu dieksplor. Karena itu perlu peran pemerintah daerah untuk mengangkat potensi objek wisata yang satu ini. Termasuk dengan melengkapi fasilitas-fasilitas pendukung guna menarik wisatawan, serta memperbaiki akses jalan menuju goa, sehingga akan lebih dikenal masyarakat. Terlebih pembangunan bidang pariwisata sesungguhnya memiliki efek domino yang lebih luas dan menyentuh lebih banyak lapisan masyarakat dibanding pertambangan atau perkebunan, walau di sisi lain menuntut investasi jangka panjang.###

No Response to "Goa Batu Tunggal Tak Terawat"