Monday, June 17, 2013

Empat Calon Mundur di Detik Terakhir

0


Jabatan Anggota KPU Tabalong Diperpanjang

BANJARMASIN –
Tuntas sudah proses akhir seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di 13 kota dan kabupaten se-Kalimantan Selatan periode 2013-2018.
Lima komisioner KPU Provinsi Kalsel telah menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap sepuluh besar calon anggota KPU dua daerah yang tersisa, yakni Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala yang dilaksanakan di Hotel Palm Banjarmasin, Sabtu (15/6).
Namun, kekecewaan dilontarkan Ketua KPU Provinsi Kalsel Samahuddin karena ada beberapa calon anggota KPU di sejumlah kota dan kabupaten yang sedianya mengikuti fit and proper test, tapi tiba-tiba mengundurkan diri pada detik-detik terakhir.
“Mestinya dari awal. Jangan terkesan ikut seleksi ini jadi batu loncatan saja,” cetus akademisi FISIP Unlam itu.
Ada empat calon anggota KPU yang mengundurkan diri di tahap uji kelayakan dan kepatutan, masing-masing satu orang di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kota Banjarmasin, serta dua orang di Kabupaten Tanah Laut.
“Sepuluh nama yang kami terima dari tim seleksi ditiap-tiap daerah untuk di-fit and proper test itu sifatnya sudah final. Ketika dalam perjalanan ada yang mundur, tidak boleh kita mengambil peringat dibawahnya sebagai pengganti, jadi kita tetap menguji yang ada saja,” tuturnya.
Usai dikukuhkan pada akhir Mei 2013 lalu, kelima komisioner KPU Provinsi Kalsel yang terpilih langsung roadshow untuk melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU kota dan kabupaten.

Diawali Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar pada 5 Juni, menyusul
Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru pada 7 Juni. Berikutnya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tapin pada 10 Juni, serta Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Tabalong pada 11 Juni. Sedangkan Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tanah Laut masing-masing pada 12 Juni dan 14 Juni.

Hasilnya nanti keluar sekitar tanggal 19 atau 20 Juni. Sekretariat akan menyurati lima besar yang lolos,” imbuhnya.
Lima besar yang terpilih sebagai komisioner semuanya akan dilantik secara serentak pada 24 Juni, baik di Kalsel maupun daerah lainnya se-Indonesia. Namun, khusus Kabupaten Tabalong yang tengah menghadapi pemilihan umum kepala daerah (pemilukada), masa jabatan anggota KPU daerah setempat diperpanjang sampai rampungnya penyelenggaraan acara dan dilantiknya bupati terpilih yang direncanakan bulan November 2013.
“Kami tetap akan menetapkan lima orang komisioner KPU Kabupaten Tabalong yang baru bersamaan dengan daerah lainnya. Tapi mereka tidak akan dilantik dan dibuatkan SK (surat keputusan). Anggota yang ada tetap melanjutkan tugasnya sampai selesai. Sedangkan anggota yang baru sesuai aturan akan dilantik dua bulan setelah pelantikan bupati terpilih,” pungkasnya.

No Response to "Empat Calon Mundur di Detik Terakhir"