Friday, May 10, 2013

Timsel Berat Tak Loloskan Bambang

0


Ikut Dua Seleksi, Keputusan Diserahkan ke KPU Provinsi

BANJARMASIN – Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin sudah memutuskan sepuluh besar dari hasil sesi wawancara pada 2-3 Mei lalu.
Dari sepuluh nama yang dirilis timsel, terdapat satu orang yang tercatat pula sebagai peserta seleksi calon anggota KPU Provinsi Kalsel dan juga lolos kesepuluh besar, yakni Bambang Budianto. Pensiunan PNS di Pemerintah Kota Banjarmasin yang terakhir menjabat Asisten II itu tampak mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) oleh KPU RI di Hotel Rattan Inn pada Rabu (8/5).
Dikonfirmasi hal ini, Ketua Timsel Calon Anggota KPU Kota Banjarmasin Karyono Ibnu Ahmad mengatakan, yang bersangkutan berhasil melewati seluruh rangkaian tes, sehingga tidak ada alasan bagi pihaknya untuk tidak meloloskan. Di samping itu, tidak terdapat larangan mengikuti seleksi di tingkat kota dan provinsi sekaligus.
“Jujur saja ini jadi diskusi yang agak berat di internal timsel. Kalau dia memang berhak lolos tapi tidak diloloskan, kami akan dapat masalah, kami bisa dituntut,” ucapnya, Kamis (9/5).
Hari ini timsel akan menyerahkan nama-nama sepuluh besar ke KPU Provinsi Kalimantan Selatan. Selanjutnya, mereka akan diuji kepatutan dan kelayakan untuk menentukan lima orang yang terpilih sebagai komisioner KPU Kota Banjarmasin periode 2013-2018.
“Selanjutnya terserah di KPU provinsi. Kan nanti juga ada fit and proper test. Kalau umpama yang bersangkutan lebih dulu lolos sebagai anggota KPU provinsi, mungkin akan mengundurkan diri dari seleksi di tingkat kota,” sambungnya.
Jika hal itu terjadi, pihaknya belum tahu apakah akan ada calon pengganti atau sembilan nama saja yang diuji kepatutan dan kelayakan oleh KPU provinsi. Yang jelas, timsel akan tetap mengajukan sepuluh nama yang ada karena batas waktu terakhirnya hanya sampai hari ini.
Terpisah, Ketua Timsel Calon Anggota KPU Provinsi Kalsel Akhmad Khairuddin juga menegaskan, tak ada aturan yang melarang ikut dua seleksi di waktu bersamaan.
“Kalau lolos lima besar di provinsi, otomatis gugur di kota. Tapi kalau tidak lolos, yang bersangkutan punya hak untuk tetap mengikuti seleksi di tingkat kota,” katanya.
Ia menambahkan, pengumuman lima orang komisioner KPU Provinsi Kalsel periode 2013-2015 bakal segera diumumkan karena pelantikan dijadwalkan akhir Mei ini. Selanjutnya, anggota KPU provinsi yang baru ini bakal melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon anggota KPU tingkat kota dan kabupaten.
Sementara itu, Bambang Budianto yang coba diminta komentarnya melalui sambungan telepon tak menjawab, meski beberapa kali dihubungi ke nomor pribadinya terdengar nada sambung.

No Response to "Timsel Berat Tak Loloskan Bambang"