Wednesday, April 3, 2013

Sekolah Diminta Buat Proposal

0


Orangtua Swadaya Perbaiki Atap SDN Sungai Miai 11

BANJARMASIN – Angin kencang yang melanda Banjarmasin pada bulan Januari 2013 lalu tidak hanya menumbangkan pohon dan merobohkan sejumlah rumah. Tapi juga merusak fasilitas pendidikan, salah satunya menimpa SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin.
Angin yang mengamuk pada tengah hari itu menerjang atap tiga ruang kelas di lantai dua. Saat ini, tiga ruang kelas di sekolah yang beralamat di Jl Hasan Basri Gg Awang Bahagia itu sudah dipakai lagi untuk kegiatan belajar mengajar. Perbaikan atap yang rusak dilakukan secara swadaya oleh sekolah dan orangtua murid.
Hal ini menjadi sorotan dalam rapat kerja Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin dengan Dinas Pendidikan (Disdik). Anggota Komisi IV Bambang Yanto mempertanyakan tidak adanya response dari pemerintah.
“Beberapa hari setelah kejadian, kami kunjungan ke sana. Kami inisiatif meminta bantuan terpal ke Dinas Sosial. Apakah di Disdik tidak ada dana cadangan? Kalau kena hujan terus, sekolah lama-lama rusak,” ujarnya. 
Kepala Disdik Kota Banjarmasin Nor Ipansyah mengatakan, bantuan semacam itu ada di Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Namun, setelah ditanyakan ke Bagian Kesra, bantuan hanya boleh diberikan untuk sekolah swasta. Akhirnya, sekolah dan komite yang langsung menangani.
“Ya sebenarnya tinggal response cepat, satu terpal cukup untuk sementara,” ucapnya.
Keterangan itu menyengat Wakil Ketua Komisi IV Mursyid. Ia mengatakan, masalah yang kecil ini jangan sampai diribetkan oleh birokrasi.
“Sampai kami telepon Dinas Sosial mencari terpal. Mestinya ada penanganan sementara dulu, setelah itu baru dipikirkan perbaikan,” cetusnya.
Sementara itu, menurut Kepala SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin Hasmi, Senin (25/3) lalu ada kunjungan dari Disdik. Kunjungan ini sempat membuatnya kaget karena ia baru dua hari menjadi kepala sekolah baru di sekolah tersebut.
“Kebetulan saya baru menjabat dua hari ini, tidak tahu permasalahannya. Dinas datang untuk meninjau apakah benar ada perbaikan dari orangtua,” tuturnya, Selasa (26/3).
Ia menambahkan, Disdik juga meminta pihak sekolah agar membuat proposal usulan perbaikan dan mengajukannya ke pemerintah.
“Mungkin kepala sekolah yang dulu sudah membuat usulan, saya kurang tahu persis. Tapi karena kami diminta, ya kami akan usulkan perbaikan,” katanya.

No Response to "Sekolah Diminta Buat Proposal"