Wednesday, April 3, 2013

Luas Dua Kecamatan ‘Menyusut’

0


Angka yang Baru Segera Dibakukan

BANJARMASIN – Koreksi luas wilayah Kota Banjarmasin dari 72 km2 menjadi 98,46 km2 bakal dibakukan dalam waktu dekat dan akan menjadi rujukan baru. Saat ini, semua dokumen masih menyebutkan luas wilayah Kota Banjarmasin 72,00 km2, termasuk di Kementerian Dalam Negeri.   
Namun, dalam pembahasan rancangan peraturan daerah tentang pembagian wilayah administrasi kecamatan dan kelurahan, Senin (18/3), Pemerintah Kota Banjarmasin yang diwakili Bagian Tata Pemerintahan mengusulkan agar luas wilayah Kota Banjarmasin dibulatkan menjadi 98,00 km2.
“Kita khawatir di kemudian hari ada kesalahan, belok sedikit saja bisa berubah. Untuk amannya 98,00 km2,” ujar staf  Tata Pemerintahan Haris Arsyadi.
Dari hasil pembuatan peta digital berbasis GIS (Geographic Information System) dengan melakukan digitasi pada tahun 2011, diketahui bahwa angka 72 km2 keliru. Yang benar, luas wilayah maksimal Kota Banjarmasin mencapai 98,46 km2.
“Karena belum baku, kita tidak dirugikan kalau dibulatkan menjadi 98,00 km2 saja. Namanya pengukuran, mungkin saja ada kesalahan,” imbuh Kasubag Pemerintahan Kelurahan Noorfahmi A Ridha.
Lagipula, katanya lagi, luas wilayah yang pasti itu tidak ada. Tapi hanya luas relatif, karena pengukuran tidak dilakukan secara riil di lapangan. Meski demikian, bisa jadi Kota Banjarmasin menjadi satu-satunya daerah di Kalimantan Selatan yang memiliki luas relatif karena semua wilayahnya sudah ada kesepakatan batas.
Pada tahun 2011 pula, terbit Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2011 yang mengatur batas daerah Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Banjar dan Batola.
“Kita bukan menambah luas wilayah dengan mencaplok daerah orang lain, tapi hasil kesepakatan,” tukasnya.
Peraturan ini juga menegaskan status wilayah yang selama ini terkesan abu-abu, seperti di perbatasan Kelurahan Pemurus Luar Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin dengan Desa Kertak Hanyar I Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar.
Sementara itu, Ketua Pansus Raperda Pembagian Wilayah Administrasi Kecamatan dan Kelurahan Mathari mengatakan, pemerintah kota harus hati-hati dalam menetapkan angka yang akan dibakukan, baik terkait luas wilayah kota maupun kecamatan.
Pada rapat berikutnya, pihaknya akan mengundang seluruh kecamatan. Pasalnya, luas wilayah kecamatan juga berubah. Luas Kecamatan Banjarmasin Barat dan Banjarmasin Tengah menyusut angkanya, sedangkan empat kecamatan lainnya bertambah.
“Harus jelas darimana datangnya angka 98,46 km2 dan 98,00 persegi. Kemudian, kalau dibulatkan, kecamatan mana yang harus dikurangi luasnya? Karena jumlahnya kan harus pas,” tuturnya. 

Kecamatan                         Luas                       Perubahan (dalam pembahasan)
Banjarmasin Barat           13,37 km2            13,13 km2
Banjarmasin Timur          11,54 km2            23,86 km2
Banjarmasin Utara           15,25 km2            16,54 km2
Banjarmasin Selatan      20,18 km2            38,27 km2
Banjarmasin Tengah       11,66 km2            6,66 km2

No Response to "Luas Dua Kecamatan ‘Menyusut’"