Monday, April 15, 2013

Isnaini Tegas, Chandra Bayu Masih Malu-malu

0
Pendaftaran Bakal Caleg Sepi

BANJARMASIN - Pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin yang dibuka sejak 9 April masih sepi.
Sekretaris KPU Kota Banjarmasin Murlan mengatakan, diprediksi parpol baru akan mendaftarkan bakal caleg sekitar sepekan sebelum batas akhir pendaftaran pada tanggal 22 April.
Ia juga mengatakan, sistem pendaftaran bakal caleg pada Pemilu 2014 agak berbeda. Kalau sebelumnya bakal caleg mendaftar sendiri-sendiri ke KPU, sekarang pendaftaran secara kolektif melalui parpol.
"Parpol yang mendaftarkan ke KPU. Jadi, tidak lagi ramai-ramai, lebih memudahkan saja," katanya.
Menurutnya, saat ini kemungkinan parpol masih merapatkan barisan di internal mereka dan melengkapi kelengkapan persyaratan administrasi. Bisa juga parpol masih menggodok orang-orang yang bakal diusung sebagai caleg mereka.
Di sisi lain, para anggota legislatif yang saat ini duduk di DPRD Kota Banjarmasin tampaknya bakal kembali menghiasi daftar bakal caleg Pemilu 2014. Buktinya, dalam beberapa hari terakhir ini mereka tampak sibuk menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan narkoba, sebagaimana yang disyaratkan dalam pendaftaran bakal caleg.
Termasuk anggota dewan yang parpolnya tak lolos sebagai peserta pada Pemilu tahun depan.  Ada tujuh anggota DPRD Kota Banjarmasin yang harus mencari kendaraan politik baru jika ingin mencalon lagi. Enam orang diantaranya dari Partai Bintang Reformasi (PBR), dan satu orang dari Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB).
Hal itu sesuai Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013, bahwa anggota legislatif yang ingin kembali mencaleg dengan bendera partai yang berbeda, harus mengundurkan diri terlebih dulu dari kursi dewan.
Salah satu anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi PBR, M Isnaini, mengakui bahwa dirinya sudah melamar ke Partai Gerindra. Ia pun menyatakan berani mundur dari legislatif jika pencalonannya di partai besutan Prabowo Subianto itu sudah positif.
“Itu masih bisa berubah. Masih mempertimbangkan dari DPP PBR sendiri dan beberapa partai lain mengajukan judicial review terhadap peraturan KPU itu, kemudian juga konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri. Tapi kalau peraturan tidak bisa diubah, saya siap mundur,” tegasnya.
Sementara anggota dewan dari PBR lainnya, Chandra Bayu, malu-malu menanggapi isu ia ‘meloncat’ ke Partai Hanura.
“Belum ada kepastian, tapi sudah ada partainya. Ya tergantung partainya saja lagi,” ujarnya.
Ia juga menyatakan siap berhenti di tengah jalan dari jabatannya sebagai anggota DPRD Kota Banjarmasin jika resmi pindah partai.
“Konstituen yang menginginkan kita untuk kembali maju. Tentu kita harus cari kendaraan politiknya,” sambungnya.
Ketua DPC Partai Hanura Kota Banjarmasin Noval yang diminta komentarnya mengatakan, pihaknya terbuka saja ‘menampung’ caleg nonkader.
“Asal disesuaikan dengan aturan,” katanya.

No Response to "Isnaini Tegas, Chandra Bayu Masih Malu-malu"