Thursday, December 6, 2012

2013, Kunker Komisi Dipersingkat

0

Plafon Anggaran Sekretariat Dewan Naik Rp 2,6 M

BANJARMASIN – Plafon anggaran Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin pada tahun 2013 naik Rp 2,6 miliar. Angka Rp 29,5 miliar ditetapkan untuk mengantisipasi sejumlah perubahan kebijakan, antara lain pola reses dari kolektif menjadi perseorangan serta rencana kenaikan satuan biaya perjalanan dinas luar daerah baik bagi eksekutif maupun legislatif.

Ketua DPRD Kota Banjarmasin Abdul Gais mengatakan, plafon anggaran sekretariat dewan di 2013 naik dari Rp 26,9 miliar pada APBD Perubahan (APBD P) 2012 menjadi Rp 29,5 miliar di APBD 2013. Dibagi untuk enam program, terdiri dari 26 kegiatan.

Di antara enam program itu, peningkatan kapasitas lembaga perwakilan daerah menyedot anggaran paling besar. Kegiatan yang termasuk dalam peningkatan kapasitas lembaga perwakilan daerah adalah reses, pembahasan rancangan peraturan daerah, dan kunjungan kerja (kunker). Plafon anggaran untuk seluruhnya sebesar Rp 20,7 miliar.

“Kunker tetap ada, tapi untuk kunker komisi ada pengurangan frekuensi waktu. Selama ini rata-rata lima hari, tahun depan jadi tiga hari saja. Kalau pansus memang lama, karena ada dua daerah yang didatangi,” tuturnya, Rabu (28/11).
                                     
Meski APBD 2013 telah disahkan, namun kenaikan satuan biaya perjalanan dinas luar daerah baik bagi eksekutif maupun legislatif dengan kisaran Rp 100 ribu-Rp 200 ribu itu masih belum diputuskan. Kalau tidak jadi naik, maka akan ada kelebihan anggaran.

Untuk rencana rehab gedung dewan yang berhembus kencang sejak beberapa tahun terakhir, menurut politisi Partai Demokrat itu masih belum ada langkah untuk merealisasikannya pada 2013. Pembuatan detailed engineering design (DED) yang ditenderkan tahun 2012 ini sendiri akhirnya juga gagal karena kendala teknis.

“Bicara soal itu memang agak sensitif, untuk menyatakan gedung dewan tidak representatif juga riskan. Yang jelas tahun depan belum ada rencana rehab,” katanya. 

Selain peningkatan kapasitas lembaga perwakilan daerah, program sekretariat dewan lainnya adalah administrasi perkantoran dan peningkatan sarana prasarana aparatur. Selanjutnya, peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja keuangan, peningkatan pengembangan pengelolaan keuangan daerah, serta penataan peraturan perundang-undangan (legislasi).

Pada 2013, DPRD Kota Banjarmasin juga berencana menggandeng lembaga penelitian untuk mengkaji potensi pendapatan asli daerah (PAD). Tujuannya sebagai pembanding terhadap data yang dimiliki pemerintah kota.

Plafon Anggaran Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin

2012    APBD             Rp 24,89 M
            APBD P          Rp 26,91 M
2013    APBD             Rp 29,57 M

No Response to "2013, Kunker Komisi Dipersingkat"