Sunday, November 18, 2012

Rp 2 Miliar Cuma Konsep

0

Dana Perbaikan Jalan Lingkungan Tak Sesuai Komitmen

BANJARMASIN – Anggaran perbaikan jalan lingkungan yang dikelola kecamatan pada tahun 2012 tidak sesuai komitmen. Dari angka Rp 2 miliar perkecamatan yang kerap dikoar-koarkan, ternyata realisasinya jauh lebih kecil.
Di Kecamatan Banjarmasin Timur misalnya, pagu anggaran yang didapat dari APBD murni hanya Rp 813,6 juta, yang terserap setelah pengerjaan Rp 801 juta. Dana tersebut dibagi untuk delapan paket perbaikan jalan, tiga paket dikerjakan dengan sistem lelang dan sisanya penunjukan langsung.
“Rp 2 miliar itu komitmen dewan dan pemerintah kota. Kami hanya bisa melaksanakan sesuai pagu yang diberi. Kami juga berharap pagu disesuaikan kebutuhan,” ujar Camat Banjarmasin Timur Ina Yuliani usai menerima kunjungan Komisi III DPRD Kota Banjarmasin yang tengah meninjau realisasi perbaikan jalan lingkungan.
Di APBD Perubahan, tiap kecamatan mendapat tambahan anggaran sekitar Rp 300 juta, sehingga totalnya Rp 1,1 miliar. Total perbaikan jalan lingkungan di Kecamatan Banjarmasin Timur setelah ada anggaran belanja tambahan menjadi 12 paket. Realisasi fisik ke-12 paket sudah mencapai 100 persen.
“Dari 36 proposal perbaikan jalan lingkungan yang tersisa, setelah 12 ruas jalan bisa diperbaiki sekarang tinggal 24 proposal. Tahun 2013 kan rencananya tiap kecamatan diberi Rp 3 miliar, sudah dihitung-hitung 24 proposal itu bisa dihabiskan,” sambungnya.
Di Kecamatan Banjarmasin Barat, pagu anggaran perbaikan jalan lingkungan dari APBD murni sebesar Rp 1,3 miliar. Yang terserap setelah lelang Rp 963,8 juta untuk lima ruas jalan.
“Sisa pagu Rp 336,1 juta dikembalikan ke kas daerah,” ujar Sekretaris Kecamatan Banjarmasin Utara Husni Thamrin.
Di APBD Perubahan 2012, ada tambahan anggaran Rp 300 juta atas usulan sejumlah kecamatan. Jumlah jalan yang diperbaiki pun bertambah lima ruas lagi. Anggaran yang terealisasi Rp 296 juta, pengerjaan menggunakan sistem penunjukan langsung.
Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjarmasin Nurul Fajar Desira yang dikonfirmasi Radar Banjarmasin mengatakan konsep awal dana perbaikan jalan lingkungan yang dikelola kecamatan sebesar Rp 2 miliar untuk tiap kecamatan.
“Realisasi bervariasi, tergantung usulan yang ada di kecamatan. Semua melalui mekanisme penganggaran,” katanya.
Tapi pada 2013, lanjutnya, pemerintah kota dan dewan sudah berkomitmen meningkatkan anggaran menjadi Rp 3 miliar perkecamatan. Sementara Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin M Firmansyah mengatakan tahun 2012 memang anggaran yang disepakati kisaran Rp 1,3 miliar-Rp 1,5 miliar perkecamatan.
“Jadi sudah benar saja,” ucapnya.

No Response to "Rp 2 Miliar Cuma Konsep"