Wednesday, August 15, 2012

Tinggal Menunggu SK Gubernur

0
Usulan Pemberhentian Rusian Telah Diparipurnakan

BANJARMASIN – Usulan pemberhentian dan persetujuan calon pengganti Ketua DPRD Kota Banjarmasin Rusian telah diparipurnakan, Senin (6/8). Pergantian pimpinan DPRD Kota Banjarmasin pun tinggal menunggu surat keputusan (SK) Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin.
Rusian yang ditemui seusai rapat paripurna yang dimulai sekitar pukul 16.00 tak berkomentar banyak soal pencopotan dirinya sebagai ketua dewan
“Kita tunduk pada mekanisme partai,” ujarnya seraya menebar senyum.
Secara de facto, kini Rusian memang tak lagi menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Banjarmasin. Tapi secara de jure masih harus menunggu SK Gubernur Kalsel. Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali mengatakan bahwa surat pemberhentian dan persetujuan calon pengganti Ketua DPRD Kota Banjarmasin akan segera dikirim ke gubernur melalui Walikota Banjarmasin.
“Besok (hari ini, Red) kalau suratnya selesai langsung dikirim. Kita harap proses di provinsi juga bisa cepat,” katanya.
Rapat paripurna yang berlangsung singkat sempat diwarnai interupsi soal pengganti ketua dewan sementara selama menunggu SK Gubernur Kalsel turun. Anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Frakasi PAN M Dafik As’ad mengatakan bahwa harus ada pengganti ketua sementara dan dimintakan persetujuan di paripurna.
“Dalam tata tertib itu disampaikan di paripurna dan ada persetujuan, tidak ditetapkan belakangan,” cetusnya.
Namun, menurut Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Andi Effendi, dalam tatib memang disebutkan soal pengganti ketua sementara, tapi tidak mesti disampaikan di paripurna.
“Cukup unsur pimpinan saja yang bermusyawarah,” tukasnya.
Unsur pimpinan dewan sendiri telah bersepakat bahwa tugas-tugas ketua dewan akan dijalankan oleh ketiga wakil ketua alias tidak ada pengganti ketua sementara. Hal ini mengingat sifat kepemimpinan dewan yang kolektif kolegial.
Usulan pergantian Rusian sendiri berdasar Surat Keputusan DPP Partai Demokrat Nomor 148 /SK DPP.PD/2012 tentang Pergantian Pimpinan (Ketua) DPRD Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan dari Rusian ke Abdul Gais tertanggal 8 juli 2012.
Isu pergantian sebenarnya sudah santer berhembus saat posisi Rusian sebagai Ketua DPC Partai Demokrat digantikan Abdul Gais yang kini duduk di Komisi II DPRD Kota Banjarmasin. Pada bulan April 2012, akhirnya DPD Partai Demokrat Kalsel melalui surat nomor 060/INT/DPD.PD/KS/IV/2012 mengajukan permohonan rekomendasi reposisi untuk Ketua DPRD Kota Banjarmasin.
Dari informasi yang beredar di internal Fraksi Partai Demokrat di DPRD Kota Banjarmasin, selanjutnya Rusian akan ditempatkan di Komisi II menggantikan Abdul Gais. Menanggapi kabar ini, Rusian mengatakan tak ada masalah. Ia juga mengatakan akan tetap ngantor seperti biasa meski tak lagi menduduki kursi empuk di ruangan ketua dewan.
“Dari tugas yang berat diberi tugas yang lebih ringan rasanya no problem,” ucapnya.
Sementara penggatian Rusian, Abdul Gais saat ingin diminta komentarnya hanya tersenyum sambil berlalu keluar ruang rapat paripurna.

No Response to "Tinggal Menunggu SK Gubernur"